PENYERAHAN PIALA KEGIATAN 17 AGUSTUS 2019

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Balaraja

HARI GURU NASIONAL

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Balaraja

KEGIATAN LDK SMPN 3 BALARAJA

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Balaraja

UPACARA 17 AGUSTUS 2020 DI ISTANA NEGARA

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Balaraja

Rabu, 03 Februari 2021

Selayang Pandang Kepala Sekolah

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang masih melimpahkan berbagai rahmat dan nikmat-Nya, terutama nikmatumur,kesehatan serta nikmat kesempatan sehingga kita dapat menjalankan aktifitas kita sehari-hari, khususnya bagi SMP Negeri 3 Balaraja yang masih dapat beraktifitas memajukan peserta didik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Di zaman modern ini dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi masalah yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual yang ada di masyarakat.

SMP Negeri 3 Balaraja terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan informasi terhadap seluruh komponen sekolah baik itu pendidik, siswa, maupun masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan sekolah yaitu memilikinya jaringan Internet dan blog dengan tujuan:

  1. Adanya interaktif internal sekolah (Kepala sekolah, Pendidik, Peserta didik dan Orang tua siswa serta Komite sekolah)
  2. Terjadinya interaktif eksternal sekolah dengan dunia luar.
  3. Pemanfaatan teknologi dan informasi yang semakin cepat untuk peningkatan pembelajaran.
  4.  Penyampaian informasi dari sekolah ke orang tua siswa dan komite ataupun dengan pihak lain yang terkait.
  5. Mempercepat penyampaian informasi, saran, masukan tanpa harus bertatap muka diantara warga sekolah dan dunia luar.

Akhirnya kami berharap dengan adanya blog ini diharapkan agar warga sekolah dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya demi memajukan sekolah dan peningkatan mutu pendidikan.

Selamat bergabung di blog SMP Negeri 3 Balaraja, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb.

INFORMASI DARING DAN LURING

Memasuki new normal era, masyarakat Indonesia kini mulai menjalani aktivitas sehari-harinya seperti biasa. Namun, demi menjaga keselamatan dan kesehatan para siswa, sejumlah sekolah menerapkan sistem online atau virtual tanpa tatap muka langsung. Sistem ini juga dikenal dengan sistem pembelajaran daring.

Istilah pembelajaran daring dan luring muncul sebagai salah satu bentuk pola pembelajaran di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Daring merupakan singkatan dari “dalam jaringan” sebagai pengganti kata online yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet. Daring adalah terjemahan dari istilah online yang bermakna tersambung ke dalam jaringan internet. Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga dilaksanakan secara online. Sistem pembelajaran melalui daring ini dibantu dengan beberapa aplikasi, seperti Google Classroom, Google Meet, Edmudo dan Zoom.

Sebuah kondisi dikatakan daring apabila memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Di bawah pengendalian langsung dari alat yang lainnya.
  2. Di bawah pengendalian langsung dari sebuah sistem.
  3. Tersedia untuk penggunaan segera atau real time.
  4. Tersambung pada suatu sistem dalam pengoperasiannya,
  5. Bersifat fungsional dan siap melayani

Selama pelaksanaan model daring, peserta didik memiliki keleluasaan waktu untuk belajar.  Peserta didik dapat belajar kapan pun dan di mana pun, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Peserta didik juga dapat berinteraksi dengan guru pada waktu yang bersamaan, seperti menggunakan video call atau live chat. Pembelajaran daring dapat disediakan secara elektronik menggunakan forum atau message.

Belajar secara daring tentu memiliki tantangannya sendiri. Siswa tidak hanya membutuhkan suasana di rumah yang mendukung untuk belajar, tetapi juga koneksi internet yang memadai. Namun, proses pembelajaran yang efektif juga tak kalah penting. Berikut ini tips agar siswa dapat bejalar daring dengan efektif:

  1. Komunikasi antar tenaga pengajar dan siswa harus berjalan dengan baik pada saat melakukan video call. 
  2. Aktif dalam berdiskusi baik dengan tenaga pengajar atau teman-teman. 
  3. Managemen waktu bagi para siswa sangat penting. Meski belajar di rumah, pastikan siswa membuat catatan mana saja tugas yang sudah dikerjakan, dan mana tugas yang harus segera kamu selesaikan. 
  4. Jangan lupa untuk tetap bersosialisasi dengan orang lain, termasuk anggota keluarga di rumah, serta teman-teman sekelas di luar sesi video call untuk mengasah kemampuan bersosialisasi. 

Istilah luring adalah kepanjangan dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata offline. Kata “luring” merupakan lawan kata dari “daring”. Dengan demikian, pembelajaran luring dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet maupun intranet. Sistem pembelajaran luring (luar jaringan) artinya pembelajaran dengan memakai media, seperti televisi dan radio. Jika peserta didik menulis artikel atau mengerjakan tugas di Microsoft Word dan tidak menyambungkannya dengan jaringan internet, maka itu adalah contoh aktivitas luring dan Jika siswa melakukan offline conference dengan bertemu secara langsung tanpa menggunakan internet, hal itu adalah contoh aktivitas luring.

Sistem pembelajaran daring dan luring mau tidak mau harus tetap dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Sebab, tidak mungkin peserta didik dibiarkan libur panjang hingga virus corona pergi. Dan kita tidak tau kapan virus corona ini hilang dari permukaan bumi.  Dalam proses pembelajaran daring dan luring ada beberapa kesulitan yang dihadapi siswa, antara lain:

  • Jaringan internet yang lemot. Sistem pembelajaran daring dan luring dapat berjalan efektif jika jaringan internetnya bagus. Sebaliknya, ketika jaringan internetnya jelek/buruk, maka secara otomatis proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) online pasti terhambat.  
  • Kuota internet terbatas. Orang tua yang terkena dampak COVID-19 pasti akan kesulitan untuk membeli kuota internet. Terutama orang tua yang secara ekonomi tidak memadai. Hal ini perlu dipikirkan secara matang oleh pihak sekolah dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kasihan juga orang tua. Mereka sudah terbebani karena di-PHK oleh perusahaan, ditimpal lagi oleh beban keharusan membeli kuota internet.
  • KBM tidak efektif. Sistem pembelajaran daring dan luring tentu tidak seefektif pembelajaran di sekolah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Misalnya pengurangan jam mengajar. Guru-guru yang biasanya mengajar 4 jam di sekolah, terpaksa hanya mengajar selama satu jam. Dampak lanjutnya, peserta didik akan kesulitan memahami materi yang banyak dalam waktu yang relatif singkat. Apalagi berhadapan dengan mata pelajaran program MIPA: Matematika, Fisika dan Kimia dan Biologi. Keempat pelajaran ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama karena banyak penurunan rumus. Itu artinya, waktu satu jam sangat tidak cukup.

Kesulitan diatas harus segera dicarikan solusinya agar mutu pendidikan tidak menurun, berikut ini solusi yang mungkin dapat diterapkan untuk mengurangi tiga kesulitan di atas:

  1. Bantuan pemerintah dan sekolah. Terkaitnya dengan orang tua yang kesulitan mendapatkan kuota internet, saya kira pemerintah perlu hadir dan bahkan memberikan suntikan dana. Maksudnya, pemerintah tidak hanya membuat regulasi dan kebijakan pembelajaran melalui sistem Daring dan Luring di setiap sekolah. Akan tetapi, pemerintah mau tidak mau harus menyediakan anggaran khusus untuk pembelian kuota internet bagi peserta didik yang orang tuanya tidak mampu. Demikian juga sekolah. Perlu ada bantuan khusus bagi orang tua yang secara ekonomi tidak mampu. Terlebih lagi untuk peserta didik yang orang tuanya terkena dampak corona. Semisal di-PHK oleh perusahaan, tempat di mana mereka mencari nahkah.
  2. Masalah KBM yang kurang efektif. Sekolah dan para staffnya perlu menemukan cara tersendiri agar materi yang dipelajari sebisa mungkin dapat dipahami oleh peserta didik. Tidak harus memaksa peserta didik untuk memami materi pembelajaran secara 100 %, 50-70 % saja sudah cukup. Setidaknya mereka tetap memahami materi yang sedang dipelajari.

Sistem Daring dan Luring ini  menuntut guru untuk kreatif dalam mendidik peserta didik. Semoga para guru tetap semangat dalam menciptakan sistem pembelajaran daring dan luring yang kreatif dan inovatif.  Hidup guru, Hidup pendidikan Indonesia…!

Jumat, 10 Juli 2020

Bolehkah MPLS 2020/2021 Dilaksanakan secara Daring?

Salah satu program kegiatan sekolah, baik sekolah swasta maupun sekolah negeri pada awal tahun pembelajaran adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dalam kegiatan ini (biasanya berlangsung selama tiga hari) siswa diarahkan untuk mengenal lingkungan sekolah. Lingkungan yang dimaksud adalah siswa senior, para pendidik, tenaga pendidikan, program sekolah, serta sarana dan prasarana pembelajaran.

Sebagaimana kalender pendidikan tahun ajaran 2020/2021 yang sudah dikeluarkan Kemendikbud, MPLS dikaksanakan bertepatan dengan awal tahun ajaran, yaitu tanggal 13 hingga 15 Juli 2020.

Meskipun begitu, proses pembelajaran secara fisik masih ditangguhkan oleh pemerintah, termasuk pelaksanaan MPLS. Meskipun tahun ajaran baru terhitung tanggal 13 Juli 2020, kegiatan secara langsung disekolah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya belum dtetapkan oleh pemerintah.

Pertanyaannya, bagaimana dengan MPLS? Mengingat tujuannya, bolehkah MPLS dilaksanakan secara daring pada tanggal yang ditetapkan?

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan boleh tidaknya sekolah melaksanakan MPLS secara daring.

Memilah Materi

Umumnya, materi-materi MPLS meliputi:  menumbuhkan sikap bela negara, kepemimpinan, pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, pengenalan program kurikulum, pengenalan program kesiswaan, tatatertib sekolah, pengenakan siswa senior, pengenalan guru dan tendik, pengenalan sarana dan prasarana brlajar, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan belajar efektif.

Untuk itu, pertama-tama sekolah harus memilah-milah, materi mana yang disampaikan secara teori dan materi mana yang disampaikan secara langsung di lapangan. Materi-materi teoretis itulah yang boleh diperkenalkan secara daring. Materi-materi itu meliputi:

  1. Pengenalan program kurikulum
  2. Pengenalan program kegiatan kesiswaan
  3. Kepemimpinan
  4. Pendidikan karakter
  5. Wawasan Wiyata Mandala
  6. Tatatertib sekolah
  7. Kesadaran berbangsa dan bernegara
  8. Belajar efektif.

Konfirmasi dengan Ortu Siwa

Mengingat belum adanya keputusan pemerintah untuk pembelajaran langsung di sekolah pada awal tahun ajaran ini, bukan tidak mungkin ada calon siswa beserta keluargannya tidak atau belum berada di rumah. Karena alasan tertentu, mereka berada di tempat lain.

Maka, sekolah perlu melakukan konfirmasi kepada orangtua dan siswa baru. Sekolah hendaknya menyampaikan rencana pelaksanaan MPLS secara daring sehingga orangtua mengajak dan mendampingi anaknya untuk mengikuti penyampaian materi dari sekolah sesuai jadwal.

Sekolah bisa memilih aplikasi daring sebagai sarana komunikasinya, seperti google classroom atau WA. Melalui aplikasi siswa, selain sebagai sarana pemaparan materi oleh sekolah, bisa sebagai media tanya jawab mengenai hal-hal yang belum dipahami siswa.

Di samping itu, konfirmasi dengan orang, sekolah mendapat informasi mengenai kesangguoan orangtua dalam menyiapkan perangkat daring, seperti laptop atau HP android beserta kuota internetnya.

Membuat Bahan secara Daring

Sekolah perlu menyiapkan materi-materi yang disampaikan secara daring. Materi-materi tersebut dibuat secara menarik dan sederhana sehingga mudah dimengerti siswa. Setiap materi disertai dengan bagian tanya tanya jawab.

Untuk itu, jauh-jauh hari sekolah perlu menginformasikan kepada orangtua mengenai  jadwal MPLS, materi keselutuhan dan materi yang disampaikan secara daring dan materi yang disampaikan kepada siswa di sekolah ketika sudah diperbolehkan belajar di sekolah.

Kesimpulan

Tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai tanggal 13 Juli 2020. Sebagaimana biasa, awal tahun ajaran ditandai dengan kegiatan MPLS bagi siswa. Mengingat pandemi corona yang masih mengancam kehidupan bangsa, pembelajaran tatap muka di sekolah belum ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karenanya, pelaksanaan MPLS boleh dilaksanakan secara daring. Namun, materi yang diperkenalkan kepada siswa baru adalah materi teoretis, sedangkan materi yang membutuhkan pengalaman di sekolah akan disampaikan ketika pandemi corona telah berlalu dan sekolah sudah diizinkan berjalan sebagaimana biasanya.

BELAJAR DARING DI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PESERTA DIDIK (SISWA)

Siswa dapat memanfaatkan google classroom dan bergabung dengan guru mata pelajaran masing masing. 

Silahkan pelajari tutorial cara gabung ke classroom