Rabu, 25 Maret 2009

Standar Kelulusan Dinaikkan, Master Naskah UN Dikirim Pekan Ini

[JAKARTA] Dinas Pendidikan di daerah tidak perlu mengkhawatirkan pengiriman master ujian nasional (UN).

Sebab, pengiriman naskah UN itu akan dilaksanakan dalam minggu ini.

"Dinas Pendidikan tidak perlu khawatir. Kami akan mengirimkan dalam minggu ini. Yang pasti, untuk daerah yang jauh kami akan prioritaskan, seperti Papua dan Ternate. Memang tidak dikirim secara serentak," kata Koordinator UN dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi kepada SP di Jakarta, Senin (16/3). Dia menanggapi pemberitaan bahwa ada sejumlah daerah yang khawatir akan keterlambatan pengiriman master UN.



Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, BSNP akan bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam penyelenggaraan UN. Mulai dari Dinas Pendidikan, perguruan tinggi (PT) hingga Kepolisian. "Bahkan, Mendiknas juga bekerja sama dengan pihak intelijen guna mengantisipasi kebocoran UN," katanya.

Dia menerangkan, pemerintah menaikkan standar nilai kelulusan UN sebesar 0,25 dibandingkan dengan tahun lalu. Peserta UN SMP dan SMA dinyatakan lulus jika mereka memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan. Siswa boleh mendapatkan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya. "Tahun lalu, standar nilai rata-rata kelulusan 5,25," katanya.


Jadwal Ujian

Dia menyebutkan, UN tingkat SMA/sederajat akan digelar pada 20-24 April 2009 mendatang, sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada 27 April hingga 1 Mei 2009.

Mata pelajaran yang diujikan untuk program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah bahasa Indonesia, Biologi, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan Kimia. Sedangkan, ujian untuk program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah Bahasa Indonesia, Sosiologi, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, dan Ekonomi.

Berikutnya, untuk pro- gram bahasa, pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Sejarah/Budaya/Antropologi, bahasa Inggris, matematika, sastra Indonesia, dan bahasa asing. Sedangkan, program keagamaan meliputi, Bahasa Indonesia, Ilmu Kalam, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Hadist, Ilmu Tafsir.

Djemari menambahkan, ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah/SMP Luar Biasa/sederajat akan digelar pada 27-30 April 2009, sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada 4-7 Mei 2009. Mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sedangkan, UN untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan digelar pada 20-22 April 2009 mendatang, dan ujian susulan akan dilaksanakan pada 27 April hingga 29 April 2009. Mata pelajaran yang diujikan yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Matematika.

Sedangkan, jadwal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) digelar pada 11-13 Mei 2009 mendatang, dan ujian susulan dilaksanakan pada 18-22 Mei 2009. [W-12] -Suara Pembaruan-