Minggu, 19 April 2009

UN Jadi Bahan Seleksi Masuk PTN

Jakarta, Mulai tahun 2009, pihak Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) akan mengintegrasikan hasil ujian nasional (UN)..

SMA dengan ujian masuk perguruan tinggi negeri (UMPTN). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mempermudah mahasiswa masuk ke PTN.
Tahun ini akan kita ujicobakan hasil UN SMA bisa untuk menjadi bahan seleksi masuk PTN,kata Mendiknas Bambang Sudibyo disela peresmian 4 gedung baru di lingkungan Universitas Terbuka dan 9 gedung unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) yakni UPBJJ Medan, Padang, Jambi, Bengkulu, Batam, Serang, Purwokerto, Surakarta dan Mataram, di UT Jakarta, Senin (13/4).

Bambang Sudibyo mengatakan bahwa ide penggabungan dua sistem tes tersebut adalah semata-mata agar tidak ada yang mubazir. Sebab menurutnya sistem evaluasi belajar melalui UN sebenarnya memiliki mutu dan kualitas yang bagus, tidak kalah dengan soal-soal testing masuk PTN.
Namun sayangnya sampai saat ini, belum ada PTN yang berinisiatif menggunakan hasil UN tersebut sebagai dasar untuk seleksi mahasiswa baru.

Di sisi lain Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Soemantri mengaku UI belum berencana menggunakan hasil UN sebagai dasar seleksi masuk mahasiswa baru. Alasannya, UN berbeda dengan tes seleksi mahasiswa baru, dimana UN lebih kepada evaluasi hasil belajar, sedang tes seleksi mahasiswa baru adalah upaya menyiapkan siswa untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.
Meski belum bersedia menerapkan ide pengintegrasian tersebut, diakui Gumilar gagasan pengintegrasian adalah sebuah gagasan yang baik. Setidaknya jika dua sistem testing digabungkan, akan jauh lebih murah dan efisien.

Tetapi ada baiknya sebelum diterapkan, gagasan tersebut harus dikaji lebih dahulu. Kita tidak ingin menempatkan mahasiswa yang benar-benar pandai ke tempat yang salah,jelasnya. (mth) -Harian Umum Pelita-